Selasa, 03 Juli 2012

HOMICIDE 1994-2007






Homicide adalah sebuah band hip hop asal Bandung yang sudah resmi bubar pada tahun 2007 oh ya berdiri kalo gak salah tahun 1994. Dulunya saya kurang tahu tentang Homicide tersebut sampai ketika teman saya mau ikut lomba puisi dan memberi tahu saya bahwa puisi nya dari lirik lagu Homicide. Setelah itu saya mencari tahu apa saja tentang Homicide mulai dari download lagu-lagunya, sejarahnya bagaimana sampai saya tahu semua seluk beluknya dan baru sadar bahwa saya mengenal mereka ketika mereka telah lama bubar. Dulu hampir setiap hari saya mendengarkan lagu-lagu dari hip-hop underground tersebut, menikmati setiap beat demi beat, mendengarkan suara yang menggelegar dari Bang Ucok dan juga Sarkasz. Sebelum saya mengenal Homicide, saya beranggapan bahwa Hip Hop adalah musik yang blink blink, yang selalu memakai kalung emas, memakai pakaian mahal. Tapi setelah saya mengenal Homicide, semua anggapan tersebut pudar.

Homicide terkenal dengan lirik yang pedas dan berani, tidak seperti band hip hop lainnya yang hanya mengumbar teori, sampai-sampai FPI mengatakan bahwa darah Ucok halal untuk dibunuh (katanya) karena telah menghina masyarakat Islam dalam lagunya yang berjudul Puritan. Saya sendiri sebagai orang Islam kurang setuju dengan anggapan dari FPI, menurut saya Bang Ucok hanya menyampaikan tentang gambaran teroris yang mengatasnamakan Islam bukan orang muslim yang benar-benar mempunyai agama yang sangat kuat.

Mungkin Homicide sudah bubar dan Bang Ucok sudah punya Trigermortis yang juga band hip hop underground, tapi lagu-lagunya akan tetap didengar oleh banyak orang. Mungkin jika suatu saat saya punya anak, akan saya perdengarkan kepada anak saya kelak. Dan saya akan berkata bahwa dulu Indonesia pernah mempunyai band hip hop yang sangat luar biasa berani dan juga menginspirasi banyak orang.
Terimakasih Homicide atas semua karyamu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar